Bulungan: The Almost Forgotten Sultanate in North Kalimantan

Helloindonesia.id – Familiarkah anda dengan Kesultanan Bulungan? Sebagian orang mungkin merasa kurang familiar dengan kesultanan yang dahulu berdiri di wilayah Provinsi Kalimantan Utara ini. Salah satu jejak yang tersisa dari Kesultanan Bulungan yang masih bisa dilihat hingga saat ini adalah Museum Kesultanan Bulungan yang terletak di Tanjung Palas, Kalimantan Utara. Wilayah Bulungan sendiri pada saat bergabung dengan Negara Republik Indonesia melalui Konvensi Malinau pada tanggal 7 Agustus 1949 sebenarnya ditetapkan sebagai salah satu daerah istimewa. Kesultanan Bulungan pada masanya merupakan salah satu kesultanan (dulunya kerajaan) besar dimana wilayah kekuasaannya mencangkup wilayah pesisir di Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tana Tidung, dan Kota Tarakan.

Bulungan Kalimantan
Bulungan Kalimantan

Terdapat satu cerita menarik mengenai Kesultanan Bulungan yang menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa ini. Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dulu, ketegangan yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia berimbas pada Kesultanan BUlungan. Dikutip dari berbagai sumber, pada saat itu Kesultanan Bulungan dianggap membelot dan memihak pada Malaysia. Akibatnya, pada tahun 1964, Kesultanan Bulungan dihancurkan dengan cara dibakar oleh Tentara Republik Indonesia, yang pada saat itu berada di bawah perintah Brigadir Jenderal Suharyo. Selain istana dari Kesultanan Bulungan dihancurkan, banyak anggota kesultanan yang juga dieksekusi. Peristiwa tersebut tentunya merupakan catatan yang kurang mengenakkan bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Museum Kesultanan Bulungan dibangun oleh pemerintah di lokasi dimana dulu terdapat Istana Kesultanan Bulungan. Museu ini masih menyimpan sebagian benda-benda peninggalan dari Kesultanan Bulungan dahulu yang masih bisa diselamatkan. Di dalam museum ini juga terdapat replika dari singgasana Kesultanan Bulungan pada saat masih berdiri. Di halaman depan museum juga terdapat meriam sebagai peninggalan Kesultanan Bulungan dahulu. Sebagai masyarakat Indonesia yang peduli dengan sejarah bangsanya sendiri, tak ada salahnya untuk berkunjung ke museum ini sambil mengenang dan menambah wawasan mengenai Kesultanan Bulungan. Bagaimanapun juga kesultanan ini telah menjadi bagian penting dari sejarah bangsa Indonesia yang dahulu memang terkenal dengan jajaran kerajaan dan kesultanan yang berdiri dari ujung barat hingga ujung timur dari wilayah negeri ini.

Visit too : https://areabali.com/