Otak-otak Khas Riau yang lezat

Belum lengkap rasanya bila berwisata ke kepulauan Riau tanpa mencicipi cemilan khas ini. Otak-otak namanya. cemilan dengan bahan daging cincang ikan atau sotong dibungkus dengan daun kelapa kemudian dibakar membuat cemilan ini enak disantap sambil mengunjungi tempat wisata Pulau Bintan.

Otak otak
Otak otak

Otak-otak, Cemilan Khas Kepulaun Riau ini berbeda dengan otak-otak yang ada di Bangka Belitung. otak otak – Kepulauan Riau berwarna jingga dan berbentuk kecil sementara di Bangka berwarna putih dan memiliki ukuran lebih besar serta biasanya dimakan dengan kuah khas Babel.

Cemilan ini banyak dijumpai disetiap wilayah kepulauan Riau. baik di Pelabuhan, Bandara maupun di tempat wisata. namun jika berkunjung ke Tanjungpinang dan Bintan, otak-otak sering di serbu oleh kebanyakan masyarakat lokal Tanjungpinang dan Bintan biasanya terdapat di sepanjang jalan menuju pantai Trikora atau ke Sungai Enam, Kijang. otak-otak memiliki rasa berbeda tergantung kepada resep. namun, otak-otak ini biasanya memiliki varian rasa ikan, sotong dan tulang.

Otak otak
Otak otak

Makan satu bungkus otak-otak tidak mungkin cukup, mengingat porsi yang disajikan pada tiap bungkus daun kelapanya memang terbilang sedikit. Tak heran juga bila harga otak-otak Tanjungpinang ini sangat murah, yaitu Rp. 1000,- untuk otak-otak berbahan dasar cumi murni, ataupun campuran ikan dan cumi. Dalam pembuatannya sendiri, otak-otak tak hanya dibakar namun juga ada yang di goreng. Rasanya juga membuat masyarakat pendatang tak mau ketinggalan untuk membeli makanan khas yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Visit too : http://balitraveldiary.com