Pulau Kiluan dan Legenda Abadi Raden Antawijaya

Helloindonesia.id – Pulau Kiluan adalah salah satu pulau yang terdapat di kawasan Teluk Kiluan. Pulau ini berada tepat di tengah mulut teluk, sehingga ombak yang menerpa pantai di sepanjang Teluk Kiluan relatif bersahabat. Seperti juga perkampungan warga di sisi utara teluk, pulau ini menyediakan akomodasi bagi para pelancong yang ingin melakukan pengamatan lumba-lumba. Sensasi berbeda berada di tengah pulau membuat biaya menginap di sini sedikit lebih tinggi dibanding beberapa homestay di perkampungan warga.

Kiluan Island
Kiluan Island

Eksotisme yang dimiliki Pulau Kiluan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk singgah di pulau ini. Pantai Pulau Kiluan yang berpasir putih masih sangat asri dan terjaga. Selain itu, keindahan bawah laut di balik terumbu karang membuatnya layak menjadi tujuan aktivitas snorkeling. Hampir seluruh pulau ditutupi pepohonan rindang yang membuatnya nyaman sebagai tempat istirahat.

Selain kondisi alam yang menawan, hal lain yang menjadi daya tarik Pulau Kiluan adalah legenda menyelimutinya. Di tengah pulau ini, terdapat makam yang dipercaya milik Raden Arya Antawijaya – tokoh sakti dari tanah Banten. Dikisahkan, karena kesaktiannya, Raden Arya Antawijaya sulit dibunuh oleh musuh-musuhnya. Suatu saat, Raden Arya Antawijaya mendapat ilham bahwa ajalnya telah dekat. Ia pun membuka rahasia cara membunuhnya kepada musuh terakhirnya. Hingga kini, kisah legenda ini mengundang rasa penasaran wisatawan dari berbagai tempat.

Visit too : http://balitraveldiary.com/