Pantai Panjang Bengkulu

Helloindonesia.idPantai Panjang di Kota Bengkulu memang tak semewah Pantai Kuta Bali. Tak senyaman Pantai Parang Tritis Jogjakarta dan tak setenar Pantai Losari. Namun, Pantai Panjang adalah khas Bengkulu, Khas Bumi Rafflesia dan mulai beranjak menuju puncaknya yakni ketenaran, kemewahan dan kenyamanan.

Panjang Beach
Panjang Beach

Pantai Panjang Bengkulu menjadi objek wisata harian warga Kota Bengkulu dan sekitarnya Sejak direnovasi habis-habisan era Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin, Pantai Panjang mulai dilirik wisatawan, tidak hanya lokal namun dari berbagai daerah. Namun kala itu, Pantai Panjang baru tersedia fasilitas berupa jalan yang dibuka memanjang hingga mencapai kawasan Jalan Raya Sungai Hitam. Pembatas pantai juga dibangun.

Pantai ini akan tumpah meruah saat perayaan festival Tabut. Kendaraan nyaris padat merayap apabila sudah mencapai puncak Tabut. Dihari-hari biasa, pantai ini tetap ramai dikunjungi masyarakat lokal. Letaknya yang strategis dipinggir kota dan mudah dijangkau membuat masyarakat Bengkulu dengan mudah mengunjunginya, bahkan tanpa biaya sekalipun.

Pemerintah juga mulai menata perlahan, dimulai dengan pembangunan icon berupa tulisan Pantai Panjang berwarna warni menjadi spot selfie bagi pengunjung. Tak hanya itu, kawasan pantai juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sport center yang bisa digunakan untuk perhelatan berbagai even dan kreativitas anak muda.

Pemerintah Kota Bengkulu juga sudah mulai menunjukkan kepeduliannya dengan membangun gedung pusat kuliner meskipun belum difungsikan. Kini berbagai aneka jajanan mulai menghiasi bibir jalan nyaris sepanjang Pantai Panjang. Tak hanya jajanan, ikan asin, ikan laut, pakaian dan bawang putih, bawang merah sampai jenis ikan Belut juga dijajakan disepanjang bibir jalan.

Masyarakat yang jenuh bisa menaiki dokar juga naik motor jenis ATV. Sewanya murah sesuai dengan pelayanannya.

Keamanan mulai ditingkatkan

Jika dulu kawasan wisata Pantai Panjang belum ada petugas Polisi yang ngepam, kini Polisi telah membuka pos penjagaan di kawasan itu. Tiap saat Polisi menggelar patroli disekeliling kawasan pantai. Kini jarang bahkan nyaris tidak terdengar lagi kasus penjambretan di kawasan pantai. Terimakasih pak Polisi.

Kuliner lengkap

Sajian kuliner tak kalah dengan pasar pada umumnya. Bermacam-macam kuliner ditawarkan disepanjang kawasan pantai. Anda mau apa, tinggal keliling sambil menikmati indahnya pantai dan ramainya pengunjung. Bagi yang terbiasa dengan gaya hidup modern, tak jauh dari pusat pantai ada Bencolen Mall yang siap melayani anda dengan senang hati berbelanja.

Visit too : http://balitraveldiary.com/