Gorengan Khas Kota Pariaman Sala Lauak

Helloindonesia.id – Karena kawasan ini terletak di daerah pesisir, Pariaman memiliki kekayaan tak terpisahkan kuliner dari laut. Salah satunya adalah sejenis goreng disebut sala lauak. Hidangan ini cukup mudah untuk menemukan di wilayah Pariaman, terutama di sekitar pantai.

Sala Lauak
Sala Lauak

Secara harfiah, kata sala dapat diartikan sebagai ‘Goreng’, yang berarti bahwa istilah ini digunakan untuk berbagai jenis bahan makanan yang diproses dengan cara digoreng. Oleh karena itu, selain jenis sala lauak, ada hidangan lain yang telah disebut sala, seperti sala beras, sala udang dan kepiting sala. Sementara lauak berarti ikan.

Meskipun secara harfiah berarti ‘ikan goreng’, tapi sala lauak tidak seperti yang kita bayangkan. Sala lauak hidangan gumpalan berbentuk praktis terbuat dari adonan daging ikan hancur dan dicampur tepung.

Adonan ini kemudian dibentuk menjadi gumpalan dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan. Rumpun tekstur renyah memiliki rasa dominan asin dan gurih dengan aroma rempah-rempah berasal dari beberapa jenis bumbu ditambahkan di dalamnya.

Sala lauak yang paling umum adalah putaran bola ping pong atau sala keras. bentuk bulat Sala terbuat dari ikan asin yang hancur dan beras bersama-sama dicampur adonan tepung berbumbu bawang putih. Sala jenis ini memiliki eksterior bertekstur yang sedikit keras dan lembut di dalam. Karena teksturnya keras di luar, itu disebut sala sala keras.

Selain lauak sala yang bulat, ada varian dari jenis lain dalam bentuk yang lebih datar dan cenderung tidak teratur. Secara khusus varian ini dapat ditemukan di Pasir daerah (Pasiah), pantai Pariaman.

Berbeda dengan bulat, sala jenis ini terbuat dari jenis ikan yang disebut ikan stuhuak basah giling sampai halus. Sala jenis ini memiliki tekstur permukaan yang lebih lembut daripada sala bulat, sehingga disebut juga lembut sala.

Sala lauak umumnya disajikan sebagai pelengkap hidangan saat sarapan pagi. Hidangan utama biasanya disajikan dengan sala lauak termasuk belah ketupat gulai. rasa yang unik, membuat kuliner ini menjadi menu sarapan khas Pariaman.

Visit too : http://areabali.com

Read too