Pulau pisang, Tempat pengasingan diri

Helloindonesia.id – Selain batu Malin Kundang, Pantai Air Manis menyimpan daya tarik lain yang bisa dijelajahi. Di sisi utara dari pantai ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Pisang Kecil. Sepintas, terasa biasa saja melihat pulau kecil ini dari tepian pantai, sama seperti pulau-pulau lain yang berada di lepas pantai manapun. Namun, Pulau Pisang Kecil menjadi unik karena tidak memerlukan kendaraan apapun untuk menjangkaunya, cukup dengan melangkahkan kaki lalu sampailah di pulau berukuran sekitar 2,8 hektar ini.

Banana Island
Banana Island

Pulau ini hanya dipisahkan selat dangkal dari tepian Pantai Air Manis sebelah utara. Jaraknya pun hanya sekitar 200 meter dengan ketinggian air berkisar antara 20 cm saat surut hingga sekitar 1,2 meter saat pasang. Karena dangkal, pulau ini menarik minat para wisatawan untuk singgah sejenak saat air sedang surut. Di sana mereka dapat membayangkan sensasi berada di sebuah pulau terpencil tanpa harus menyewa perahu atau berenang.

Pulau Pisang Kecil atau dalam bahasa setempat disebut Pulau Pisang Ketek adalah sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni. Hal ini membuat pulau yang berhiaskan pohon-pohon kelapa nan tinggi menjulang ini terasa sunyi dan damai. Karenanya, pulau ini cocok menjadi destinasi wisata bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari kebisingan aktivitas keseharian di kota. Dengan ditemani gemericik suara ombak yang pecah dan semilir angin laut, kita dapat sejenak meregangkan otot serta menenangkan pikiran.

Meski tak berpenghuni, di sekeliling pulau ini tersedia cukup banyak dipan bambu yang dapat digunakan pengunjung. Disana terdapat pula para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan.

Dalam suasana yang damai, pengunjung dapat bersantai menikmati panorama garis Pantai Air Manis serta bentangan laut yang luas di sekelilingnya. Selain panorama pantai dan laut, dari kejauhan pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Padang yang terletak di sisi utara pulau ini.

Menyisir pantai hingga ke sisi barat pulau, para wisatawan juga akan melihat pulau lain bernama Pulau Pisang Besar. Saat senja tiba, pulau yang disebut juga dengan Pulau Pisang Gadang dalam bahasa Minang ini akan membentuk siluet yang indah dengan latar langit yang jingga.

Berbeda dengan Pulau Pisang Kecil, Pulau Pisang Gadang merupakan pulau berpenghuni dengan rata-rata penduduk berprofesi sebagai nelayan atau petani. Pulau yang berukuran sekitar 25 hektar ini berjarak sekitar 2 km dari Pantai Air Manis dan dapat dijangkau dengan perahu motor sewaan dalam waktu sekitar 15 menit perjalanan.

visit too : https://www.touristinasia.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.