Rasa Manis dan Pedas Khas Lempah Kuning

Helloindonesia.id – Lempah kuning merupakan kuliner khas Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kota Pangkalpinang. Hampir semua masyarakat di sini mampu membuat dan meracik makanan yang berbahan dasar ikan ini.

Lempah Kuning
Lempah Kuning

Menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu dasar, makanan ini didominasi warna kuning. Karena itulah, makanan ini disebut lempah kuning.

Lempah yang juga biasa disebut dengan lempah asam manis ini menggunakan asam Jawa dan buah nanas untuk menghasilkan rasa yang gurih. Kekayaan rasa makanan ini masih ditambah dengan penggunaan cabai saat proses pengolahan. Rasa lempah kuning pun menjadi semakin nikmat.

Bahan Dasar Lempah Kuning

Lempah kuning biasa menggunakan ikan sebagai bahan utama. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan lele, gabus, atau ikan laut seperti tenggiri. Selain itu, bagi yang tidak menyukai ikan, terdapat pilihan lain seperti daging ayam atau akar keladi.

Saat berkunjung ke Kota Pangkalpinang, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner masyarakat Bangka ini. Di kota ini, terdapat sebuah restoran yang terkenal karena menyajikan hidangan lempah kuning yang lezat. Restoran yang beralamat di Jalan RE Martadinata ini menyajikan berbagai sajian lezat hasil olahan lempah kuning.

Visit too: http://areabali.com/