5 Makanan Spesial Samarinda

Helloindonesia.id – Indonesia adalah negara dengan macam kuliner yang hampir tidak bisa di hitung, karena di tiap daerah biasanya memiliki kuliner nya masing masing, kali ini kita memberikan 5 makanan favorit khas samarinda menurut helloindonesia.id,apa saja makanan tersebut , mari kita simak ulasan berikut.

Kerupuk Amplang

jualamplangkukumacan.blogspot.co.id

Nah makanan khas samarinda pertama yang bisa Anda cicipi atau Anda jadikan sebagai cemilan teman perjalanan Anda menyelusuri keindahan kota Samarinda adalah kerupuk amplang.

Kerupuk yang satu ini terbuat dari ikan dengan bentuk yang sangat unik, namun tentu saja soal rasa Anda tidaklah perlu khawatir, karena rasa kerupuk ikan yang satu ini sangat gurih dan rasa ikannya sangat terasa, karena bahan bakunya yang paling dominan adalah ikan yang diberikan dengan sedikit saja campuran tepung.

Kerupuk amplang ini juga saat ini bisa dengan mudah Anda temukan dibeberapa daerah dipulau Jawa, hanya saja jika langsung membelinya dari kota asalnya akan terkesan lebih berbeda.

Lempok Durian

Nah bagi Anda pecinta durian tentu saja Anda juga bisa menikmati atau juga menjadikan makanan khas samarinda yang satu ini sebagai oleh- oleh untuk sanak keluarga Anda. Makanan tersebut adalah lempok durian atau juga dikenal dengan dodol durian.

Sesuai dengan namanya dimana makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku berupa durian yang masih segar. Anda bisa menikmatinya dengan secangkir kopi atau teh hangat disore hari. Makanan yang satu ini juga memiliki ketahanan yang lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh- oleh.R

Pepes Kepiting

indoresep.web.id

Nah mungkin Anda hanya pernah mencicipi pepes ikan saja, namun tahukah Anda jika di Samarinda ada makanan khas samarinda yang sangat unik dan juga sangat lezat rasanya yaitu pepes kepiting. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka yang dimasak dengan menggunakan bumbu khusus seperti cabai, daun kemangi, serai dan juga rempah- rempah khas Samarinda lainnya.

Uniknya lagi pepes kepiting ini juga akan dibakar setelah dikukus terlebih dahulu sehingga rasanya sangatlah nikmat.

Gapit Pisang

jelajah-erwin.blogspot.co.id

Olahan atau juga makanan khas samarinda lainnya yang terbuat dari bahan dasar pisang adalah gapit pisang. Sesuai dengan namanya dimana pisang tersebut akan dijepit pada saat proses memasaknya.

Adapun pisang yang digunakan dalam pembuatan kuliner yang satu ini adalah pisang sanggar, pisang kapok dan juga pisang kapok. Hanya saja pisang yang digunakan haruslah pisang yang tidak terlalu matang alias pisang setengah matang. Proses pembuatan pisang ini yaitu dengan cara dipanggang.

Ayam Cicane

wisataku.id

Nah ingin mencicipi makanan khas samarinda yang gurih dan juga lezat, maka Anda bisa menikmati ayam cicane ini. Sesuai dengan namanya dimana bahan baku pembuatan kuliner yang satu ini terbuat dari ayam kampung dengan dimasak menggunakan bumbu- bumbu yang sangat khas seperti kemiri, jahe dan juga lengkuas. Jika semua bagian ayam sudah merata maka ayam akan dipanggang lalu digoreng.Gence Ruan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.