7 Makanan Khas Saat Bulan Ramadhan

halo sahabat kita dateng lagi, kali ini kita bakal bahas 7 makanan saat bulan ramadan, yang tentunya makanan khas indonesia ya, makanan yang biasanya muncul saal bulan ramadahan aja, meskipun di bulan biasa juga kadang muncul si meskipun jarang hehehe,
yah bulan ramadhan adalah bulan yang paling di tunggu tunggu oleh umat muslim. dimana diwajibkan unutk melkukan ibadah puasa selama satu bulan penuh, nah di balik itu muncul makanan takjil yang sering banget muncul di bulan ramadhan.

berikut Hello Indonesia akan merangkum 7 makanan saat bulan ramadan, loh kok cuma 7, yak karena kita ngambil yang paling sering lagi next jika kalian punya ide masukan dan info bisa kirimkan ke redaksi Hello Indonesia yuk mari kita ulas.

1. Kolak

Kolak Ubi
Kolak Ubi

Menu khas Indonesia kala Ramadhan tiba adalah kolak. Makanan satu ini sebenarnya sudah menjadi kudapan yang biasa disantap di beberapa acara. Mungkin karena rasanya yang manis dan gurih membuat kudapan ini banyak dicari sebagai sajian berbuka puasa. Ada banyak bahan makanan yang bisa dimasukkan dalam makanan berkuah santan ini. Bisa pisang, singkong, ketela, atau labu, kadang juga tape. Tapi yang dikenal banyak orang adalah kolak pisang.

 

2. Cendol

Es Cendol

Nah, kalau yang satu ini bisa dibilang masih satu saudara dengan kolak. Yups, cendol. Cendol merupakan makanan khas Jawa Barat. Terbuat dari tepung beras serta disajikan dengan santan dan gula merah, membuat cendol banyak dicari sebagai menu berbuka puasa. Akan lebih nikmat lagi jika makanan berwarna hijau ini dicampur dengan serutan es.

3. Es Blewah

es blewah spesial ramadhan
es blewah spesial ramadhan

Kudapan selanjutnya yang banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa adalah es blewah. Kita bisa menemukannya pada penjual takjil atau membuat dengan kreasi kita sendiri. Es blewah adalah jenis minuman pelepas dahaga yang paling sederhana. Yaitu hanya berbahan blewah yang telah diserut panjang-panjang, kemudian ditambahkan air, es, dan gula, minuman ini sudah langsung dapat dinikmati. Tapi banyak juga yang menambahkan sirup atau pun susu agar minuman lebih nikmat dan segar untuk diminum.

4. Cincau

Cincau
Cincau

Hampir sama dengan kolang-kaling, cincau juga sering kita jumpai dalam beberapa kudapan siap makan. Seperti es campur dan es cendol. Cincau terkadang juga dioleh sendiri dengan campuran santan dan gula merah atau sirup. Cincau adalah bahan makanan yang diadaptasi dari negeri Tiongkok. Makanan mirip agar-agar yang berwarna hitam dan hijau ini adalah makanan yang terbuat dari daun mesona loh sobat. Cincau juga punya segudang manfaat bagi tubuh loh.

5. Kolang-kaling

Kolang Kaling
Kolang Kaling

Kolang-kaling adalah biji dari pohon aren yang berbentuk bulat pipih dan bertekstur bening. Saat bulan Ramadhan tiba, kolang kaling sering kita temui sebagai bahan campuran es campur, kolak, ataupun es buah. Tak jarang pula kolang kaling dioleh sederhana hanya dengan air, sirup, dan es. Di beberapa tempat kolang kaling juga dijadikan sebagai cemilan, salah satunya dengan diolah menjadi keripik. Kandungan air yang banyak dalam buah ini membuat kolang-kaling cocok dijadikan kudapan pelepas dahaga pengganti ion tubuh

6. Pisang Ijo

Pisang Ijo
Pisang Ijo

Menu takjil yang menjadi buruan orang saat bulan Ramadhan tiba adalah es pisang ijo. Minuman berbahan utama pisang berbalut adonan terigu berwarna hijau dan campuran santan, sirup, dan es ini memang cocok sebagai menu pelepas dahaga saat bedug magrib berkumandang. Sajian ini sebenarnya berasal dari Makassar, tapi beberapa tahun terakhir kudapan ini sudah banyak kita temui di hampir seluruh belahan Nusantara.

7. Kurma

Kurma
Kurma

Makanan yang terahkir ini adalah makanan yang paling top saat bulan ramadhan. Buah khas timur tengah ini ketika bulan puasa tiba pasti akan sangat sering kita temui di jalan-jalan besar dan pusat jualan takjil. Kurma juga menjadi makanan berbuka kesukaan Rosulullah SAW. Mungkin karena itu juga, banyak orang berburu kurma saat bulan Ramadhan tiba. Selain dapat dimakan langsung, kurma juga sering diolah sebagai campuran makanan, seperti kolak, cake, dan aneka makanan kurma lainnya.

 

nah itu teman teman sedikit ulasan dari kami, semoga bermanfaat hehehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.