Pantai Jamursba Medi Tempat Penyu Belimbing Bertelur

penyu belimbing

Tambrauw – Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) disebut memiliki kisaran pergerakan yang paling luas dibandingkan jenis reptil lainnya. Berdasarkan Pedoman Teknis Pengelolaan Konservasi Penyu (2009), Pantai Jamursba Medi di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, adalah lokasi peneluran penyu belimbing terbesar di kawasan Pasifik.

Penyu belimbing usai bertelur di Pantai Jamursba Medi di Kabupaten Tambrauw, lalu pergi mencari ubur-ubur, makanan kesukaannya hingga ke California, Amerika.

Manjula Tiwali, peneliti biologi perikanan dan penyu laut dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), mengatakan, penyu betina bisa bertelur hingga lima kali pada satu musim sebelum mencari makan hingga ke perairan California, di Amerika Serikat.

“Dan baru kembali dua sampai tiga tahun berikutnya,” ungkap Manjula Tiwali, seperti dilansir dari Mongabay Indonesia.

Penyu belimbing telah terbukti bermigrasi melintasi Samudera Pasifik maupun Atlantik. Penyu belimbing yang bertelur di Amerika Tengah dan Meksiko diketahui bermigrasi ke arah selatan menuju perairan hangat atau tropis Pasifik selatan.

Penyu Belimbing yang biasa bertelur di pantai jamursbra medi, yang di konservasi dan di lindungi agar tidak punah
Penyu Belimbing , Konservasi 

Studi yang dilakukan terhadap 9 ekor penyu belimbing pasca bertelur di pantai peneluran Jamursba Medi menunjukkan bahwa penyu-penyu tersebut bergerak menuju berbagai perairan tropis, yaitu ke perairan Filipina dan Malaysia, perairan di Jepang, hingga menyeberangi equatorial Pasifik ke perairan hangat di Amerika Utara.

Penyu belimbing yang menyeberangi Samudera Pasifik tiba di perairan dekat Oregon, Amerika pada bulan Agustus, saat tingginya agregasi ubur-ubur. Ini menunjukkan bahwa tujuan migrasi berhubungan dengan tersedianya sumber pakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.