Kunyit , Kasiat Rempah Indonesia

Kunyit atau kunir (Jawa) adalah salah satu jenis tanaman rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit bukanlah sekadar penyedap rasa. Manfaat kunyit untuk kesehatan telah diketahui lebih dari 4.000 tahun lalu dan digunakan untuk mengobati bermacam-macam penyakit.

Bukan hanya sekadar untuk mengetahui silsilah kekerabatan dari tanaman kunyit, klasifikasi tersebut membuat kita tahu bahwa bagian bunga dari tanaman kunyit merupakan jenis bunga majemuk dan mempunyai sisik di bagian pucuk batang semunya

Salah satu tanaman obat yang banyak digunakan dalam industri Obat Asli Indonesia (OAI), kosmetik maupun makanan dan minuman adalah kunyit. Kunyit memiliki klasifikasi menyerupai tanaman seperti jahe, lengkuas, temu lawak, dan beberapa tanaman lainnya.

Miliki Senyawa Penting

Untuk pengobatan tradisional, khasiat kunyit sudah tidak diragukan lagi. Secara medis kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang merupakan faktor penting dalam pengobatan. Senyawa tersebut terdiri dari dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%.

Selain itu terdapat pula zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang mengandung keton sesquiterpen, felandren, sabinen, turmeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, borneol, dan sineil. Selain kandungan tersebut, kunyit juga mengandung protein 30%, vitamin C 45-55%, lemak 1-3%, karbohidrat 3%, pati 8%, dan garam-garam mineral seperti kalsium, fosfor ,dan zat besi.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.