Martabak medan yang spesial dan unik

Helloindonesia.idMartabak adalah makanan khas yang paling digemari di indonesia, tapi tahukan kalian kota medan sendiri yang berada di sumatra utara memilki berbagai jenis martabak sesuai versi daerah mereka sendiri. ada 5 versi martabak medan yang patut kalian coba , mari kita ulas satu persatu

1. Martabak Manis

Sweet Martabak
Sweet Martabak

Martabak manis di Medan tak ada beda dengan daerah lain. Bentuknya sama dengan martabak dari Bangka dan Bandung. Martabak manis terkenal tebal, bertekstur unik layaknya sarang lebah dan empuk. Isian withering standar adalah wijen, tetapi sekarang semakin banyak isi yang kekinian dengan cokelat ternama, green tea, dan masih banyak lagi. Bahkan adonan martabak kini juga semakin beragam, dari rasa orisinal, red velvet, green tea, talas, dan lainnya.

2. Martabak Piring

Plate Martabak
Plate Martabak

Martabak piring sejatinya adalah martabak manis, tetapi yang unik adalah wadah untuk memasak. Jika martabak manis pada umumnya menggunakan wajan datar khusus martabak, ini justru menggunakan piring seng zaman dulu. Untuk itu martabak piring punya bentuk dan tekstur yang cukup unik. Pilihan martabak piring biasa daa dua, yang tebal dan tipis kering. Martabak piring tebal juga tidak setebal dan sebesar martabak manis biasa, sedangkan yang tipis kering memiliki tekstur garing. Isiannya sama seperti martabak manis pada umumnya. Martabak kubang. Martabak kubang.(Kompas.com/Silvita Agmasari)

3. Martabak Telur

Martabak Telur
Martabak Telur

Konon martabak telur memiliki pengaruh dari India. Martabak ini lazim dijual di berbagai daerah, dengan isian telur, daging, dan daun bawang yang kemudian dituang ke atas kulit martabak dan digoreng. Sebagai teman bersantap martabak, ada cuka hitam dan acar.

4. Martabak Kubang Mesir

Martabak Kubang Mesir
Martabak Kubang Mesir

Martabak ini sebenarnya berasal dari Sumatera Barat, tetapi ditambahkan embel Mesir. Isian martabak kubang mesir sangat mirip dengan martabak telur. Perbedaanya ada dalam penggunaan rempah khusus. Jika martabak kubang memiliki embel mesir, biara telur berada di bagian lapisan luar sedangkan kulit martabak di bagian dalam. Namun jika martabak kubang saja, berarti kulit di bagian luar. Ciri lain dari martabak kubang mesir adalah cuka yang sudah dicampur dengan acar dan cabai rawit, tidak terpisah seperti martabak telur. Martabak india Martabak india(Kompas.com/Silvita Agmasari)

5. Martabak India

Martabak Chiken Curry
Martabak Chiken Curry

Banyaknya keturunan India yang bermukim di Medan, membuat hidangan satu ini mudah ditemui dan wajib dicicipi. Martabak India hampir mirip dengan martabak kubang, kaena menggunakan rempah dalam adonan martabak telurnya. Namun yang membedakan rempah martabak india cenderung lebih dominan, martabak india juga lebih pipih (gepeng), disantap dengan saus kari, dan acar. Martabak india biasanya dijual oleh keturunan India di Medan.

Visit Too: What Is Interesting From Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.