Mie Celor (Noddles), Palembang Breakfast Menu

Helloindonesia.id – Jika di Aceh ada kuliner khas bernama mie Aceh, maka di Palembang ada mie celor, kuliner olahan mie yang dihidangkan bersamaan dengan campuran kuah santan kaldu ebi. Mie celor menjadi kuliner yang menarik, selain mempunyai cita rasa khas, penjual kuliner olahan mie ini hanya ada di palembang, Sumatera Selatan.

Mie Celor
Mie Celor

Bahan – Bahan Pembuatan Mie Celor

Mie celor diolah dari bahan-bahan berupa mie telur. Biasanya para penjual mie celor yang ada di Palembang membuat sendiri mie telur yang akan diolah, karenanya setiap penjual mempunyai ciri khas rasa dan kelezatan rasa mie celor yang berbeda-beda. Selain mie telur, bahan lain yang digunakan antara lain tauge, daging udang, telur, dan kucai.

Sementara bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kaldu mie celor antara lain, air rebusan udang yang telah menjadi kaldu. Agar lebih gurih ditambah campuran santan, susu, telur, dan tepung terigu. Untuk lebih menambah citarasa ditambahkan juga merica, jeruk limo, serai, garam, gula, dan masukkan penyedap rasa sesuai selera.

Cara membuat kaldu mie celor juga sangat sederhana. Mulanya didihkan kaldu udang, bersamaan dengan itu masukan susu, santan, merica, gula, dan garam. Sambil terus diaduk, lalu masukan telur dan terigu secara perlahan-lahan tanpa berhenti mengaduk. Aduk terus hingga kuah menjadi kental dan mendidih, lalu tambahkan dengan penyedap rasa sesuai selera.

Setelah kuah selesai dibuat, kemudian masuk ke dalam proses penyajian. Dalam proses penyajian, mie telur bersama dengan tauge direndam di dalam air mendidih terlebih dahulu. Setelah direndam, hidangkan ke dalam piring, untuk kemudian disiramkan dengan kuah mie celor yang sudah dibuat sebelumnya. Tambahkan potongan telur rebus, lalu taburkan bawang goreng dan daun bawang yang diiris tipis. Mie celor siap untuk disantap.

Mie celor oleh kebanyakan masyarakat Kota Palembang kerap dijadikan sebagai menu favorit saat sarapan. Harganya yang terjangkau, serta nilai gizinya yang tinggi menjadi pertimbangan mengapa masyarakat Kota Palembang memilih mie celor sebagai menu sarapan mereka. Apalagi penjualnya banyak di temukan di jalan kota. Salah satunya ialah penjual mie celor yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Footnote : Indonesiakaya.com

Visit too : http://areabali.com/