Pantai Ranca Buaya, Batu Karang Eksotis Jawa Barat

Helloindonesia.idPantai yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, ini memiliki luas area 10 hektare. Daerah yang telah dimanfaatkan untuk fasilitas wisata sekitar 2 hektare.

Pantai Rancabuaya

Di pantai yang juga berfungsi sebagai pelabuhan ini, Anda akan melihat jajaran kapal-kapal nelayan. Dari para nelayan dan warung-warung di sekitar pantai, Anda bisa mendapatkan ikan segar.

Pantai berbatu karang dengan ombaknya yang besar ini kurang cocok untuk berenang. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati keindahan pantai dan laut lepas Samudra Hindia yang biru kehijauan dengan deburan ombak besar.

Pemandangan sunset di tempat ini sangat indah. Di dekat Pantai Rancabuaya juga terdapat sebuah puncak yang sangat sesuai sebagai tempat menikmati matahari terbit, bernama Puncak Guha Garut.

Salah satu keunikan Pantai Rancabuaya adalah kontur berkarangnya. Anda akan menemukan ikan-ikan kecil yang terbawa ombak terperangkap di karang-karang. Adanya air terjun, atau curug dalam bahasa setempat, menambah keindahan pantai ini.

Di pantai ini juga terdapat sebuah goa yang disebut Goa Lalai atau Goa Kelelawar. Goa ini ada di daratan, bentuknya seperti jurang yang menjulang langsung ke lautan. Di bawahnya terdapat karang yang dihinggapi banyak kelelawar. Sesekali ombak membasahi karang-karang dalam goa itu.

Goa Kelelawar terbilang berbahaya. Sebab itu, pengunjung dilarang turun ke bawah memasukinya. Siapa pun yang terjatuh akan tersapu ombak ke lautan. Dan, dipastikan dia tidak pernah kembali.

Jarak dari Bandung sekitar 167 kilometer, dapat ditempuh sekitar enam jam dengan kendaraan bermotor. Perjalanan menuju Rancabuaya pun menjadi kenikmatan tersendiri. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama yang menakjubkan, antara lain pegunungan, persawahan, dan perkebunan teh yang asri.

Di sana terdapat puluhan vila dan penginapan dengan harga bervariasi. Selain itu, tempat makan dan fasilitas kesehatan mudah didapatkan. Sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi Anda yang kebetulan sedang berlibur ke Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.