Sejarah perlombaan panjat pinang

kalian pasti sudah tidak asing dengan perlombaan yang satu ini, perlombaan yang hampir selalu ada di setiap perayaan kemerdekaan indonesia.
perlombaan ini biasanya di lakukan di kampung kampung maupun di kota . panjat pinang adalah agenda wajib unutk setiap perlombaan di kampung, dengam berbagai macam hadi yang di sedikan oelh panitia lomba.

lomba panjat pinang
sumber : https://steemitimages.com

tapi dari semua yang kalin tahu tentang panjat pinang apakah kalin sudah tahu sejarah tentang panjat pinang itu sendiri, ka;lu belum tahu yuk mari kita bahas sejarah dan apa itu panjat pinang secara lebih lanjut.

Panjat pinang adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan kemerdekaan Republik yang dirayakan pada setiap tanggal 17 Agustus, untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang diraih pada tanggal 17 Agustus 1945.

Panjat pinang bermula dari  zaman penjajahan Belanda dulu. Lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.

Dan sekarang, dari begitu banyak perlombaan yang digelar para perayaan 17 Agustus, hari kemerdekaan bangsa Indonesia, seperti tidak lengkap kalau tidak diadakan lomba panjat pinang.

Lomba panjat pinang kerap dilakukan di akhir semua perlombaan atau pertandingan.  Di setiap RT dan RW hingga desa, dan kecamatan hingga kabupaten dan propinsi hampir tidak pernah absen mengelar acara perlombaan panjat pinang itu.

Cara permainan lomba panjat pinang

Sebatang pohon pinang yang lurus dan tinggi serta dilumuri dengan pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas batang pohon pinang itu, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon.

Batang pohon pinang lurus itu licin karena telah diberi pelumas, para peserta panjat pinang sering kali jatuh dan terus mengulangi menaiki sampai berhasil meraih hadiah di atas. Kreativitas dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton. Hadiah tersebut kemudian dibagikan kepada para peserta masing masing.

Asal muasal daan sejarah panjat pinang

Panjat pinang berasal sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu. Lomba panjat pinang diadakan oleh orang-orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain sebagainya.

Namun yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi yang menjadi peserta dalam panjat pinang tersebut. Berbagai hadiah pun sudah disiapkan yang nantinya akan diperebutkan oleh peserta panjat pinang.

Hadiah biasanya berupa bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian pakaian, maklum di kalangan para pribumi ketika itu, barang-barang seperti itu termasuk mewah.

Sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, orang-orang Belanda hanya menonton sambil tertawa terbahak-bahak melihat perjuangan kaum pribumi yang ikut panjat pinang.

Intinya, panjat pinang dianggap sebagai hiburan sekaligus lelucon bagi orang-orang Belanda pada waktu itu. Bahkan, perturan panjat pinang ini tidak berubah sampai hari ini.

sumber : http://www.netralnews.com/news/singkapsejarah/read/95619/inilah.asal.usul.sejarah.lomba.panjat.pi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.