Tahu Tek, Tahu Legendaris Khas Surabaya

Helloindonesia.id – Melihat sekilas, kuliner ini menjadi sajian yang begitu menggugah selera. Dengan siraman bumbu yang banyak dan lontong, tahu, serta toge kecil atau kecambah sebagai bahan utamanya, makanan ini menjadi salah satu favorit di Jawa Timur. Inilah tahu tek, salah satu kuliner yang harus Anda coba ketika berada di kawasan Surabaya.

Tahu Tek

Tahu tek merupakan sajian yang terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil. Tambahan bahan pelengkap seperti, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun menjadikan nuansa rasa pada tahu tek begitu kaya. Terakhir, siraman bumbu petis menjadikan tahu tek sebuah sajian enak dan nikmat. Tambahan kerupuk udang dan sedikit bawang goreng menggugah selera makan saat tahu tek disajikan dihadapan kita.

Ada satu hal yang menarik dari penamaan tahu tek ini. Dahulu, penjual yang menjual tahu tek ini menggunakan gunting untuk memotong bahan masakan seperti tahu dan lontong. Saat memotong inilah gunting sengaja dibunyikan terus oleh sang penjual walaupun bahan makanan telah habis dipotong dan lamban laun terdengar bunyi tek..tek..tek.. dari bunyi inilah sampai sekarang kuliner ini disebut tahu tek.

Tahu tek banyak ditemui di sudut-sudut jalan sekitar Surabaya. Untuk satu porsi tahu tek ini Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Anda cukup mengeluarkan uang Rp12.000 maka satu porsi tahu tek lezat sudah siap tersaji untuk disantap.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.