Irama Musik Salude Khas Manado, Sulawesi Utara

Irama Musik Salude Khas Manado, Sulawesi Utara

Helloindonesia.id – Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak wisata alam, kuliner bahkan budaya seni. Alat musik merupakan bagian dari kesenian di setiap daerah yang memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu alat musik populer yang terdapat di kepulauan ini adalah Salude. 

  • Irama Musik Salude Khas Manado, Sulawesi Utara
  • Irama Musik Salude Khas Manado, Sulawesi Utara

Apa itu Alat Musik Salude?

Berbicara tentang alat musik Salude. Alat musik ini merupakan alat musik tradisional khas daerah Manado, Sulawesi Utara. Banyak dari masyarakat Indonesia khususnya, yang mungkin belum banyak mengenal tentang alat musik ini. 

Bagaimana Cara Memainkan Salude

Salude merupakan alat musik tradisional sejenis sitar tabung yang termasuk dalam kelompok ido-kordofon. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipetik serta dipukul menggunakan pelepah pinang yang telah dibentuk sedemikian rupa. 

Pada badan salude memiliki satu ruas bambu dengan dua buah dawai yang terbuat dari kulit ari bambu. Begitu dawai dipetik dan di sisi bagian depan dipukul akan mengeluarkan irama yang sangat acik dan merdu. Biasanya memainkan alat musik salude sambil duduk atau dipangku dengan menggunakan tali pengikat. 

Tentang Alat Musik Salude

Sedangkan pada bagian tengah badan bambu memiliki lubang yang berfungsi sebagai senator atau sebagai penghasil suara. Pada masyarakat Sulawesi dahulu alat musik ini digunakan untuk mengiringi upacara adat dan upacara keagamaan. Namun, seiring berjalannya waktu alat musik salude mulai dimainkan untuk acara pesta, karnaval hingga ritual lamaran.