Sensasi Segar Pemandian Dalam Goa Kontamale di Wakatobi

Sensasi Segar Pemandian Dalam Goa Kontamale di Wakatobi

Helloindonesia.id – Berbicara mengenai pemandian dalam goa, terlihat sangat asing didengar. Lalu bagaimana dengan pemandian yang satu ini?. Yup, pemandian umum dalam goa kontamale. Pemandian Kontamale ini sangat familiar terdengar di telinga masyarakat Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Nama Kontamale berarti pemandian, telaga atau danau. 

  • Sensasi Segar Pemandian Dalam Goa Kontamale di Wakatobi
  • Sensasi Segar Pemandian Dalam Goa Kontamale di Wakatobi
  • Sensasi Segar Pemandian Dalam Goa Kontamale di Wakatobi

Wisata Alam Pemandian Umum Kontamale

Pemandian Kontamale sendiri menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ada di Pulau wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. pulau ini lebih sering disebut Pulau Wanci oleh warga sekitar. Pemandian Kontamale adalah pemandian umum yang sering digunakan oleh warga sekitar. Walaupun dikatakan sebagai pemandian umum, nyatanya kawasan wisata ini menawarkan pesona alam eksotisme yang menjadikan pengunjung tak henti hentinya berdecak kagum.

Pemandian umum dibuka di pulau wangi wangi ini. Namun, yang paling populer dari pemandian umum lainnya adalah kontamale. Meski pemandian ini bersifat umum. Jika kita berkunjung dan melihat langsung, mungkin pemandian ini jauh dari ekspektasi kita mengenai pemandian umum yang sering kali kita lihat. Biasanya yang terbayangkan adalah air yang keruh, dan cepat kotor karena digunakan beramai-ramai. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak dapat kita temukan di pemandian goa kontamale ini. Bahkan sebaliknya.

Mengulik Keindahan Goa Kontamale

Bagaimana tidak, pesona alam pemandian goa kontamale menyajikan pemandian berupa kolam dengan air yang tampak jernih dan segar.  Dengan bentuk kolam dari batu yang alami terhubung dengan dinding dinding gua tampak begitu menakjubkan. Ditambah dengan sentuhan sinar matahari kecil yang masuk dari celah lubang bagian atas goa. 

Pemandangan pepohonan yang rindang juga menambah kesegaran mata. Selain itu, ketika hendak berenang di pemandian ini untuk menjaga keamanan. Sangat penting mengetahui kedalaman dan kedangkalan kontamale, sebelum menceburkan diri kedalam air. Selain mandi banyak dari warga digunakan untuk mencuci pakaian. Tak hanya itu, untuk memasuki pemandian kontamale ini tidak dipungut biaya. selain menikmati keindahan alamnya yang sejuk, pengunjung juga diberikan gratis untuk memasuki pemandian kontamale.

Rute Menuju Pemandian Umum Kontamale

Untuk para wisatawan di luar provinsi yang hendak berkunjung ke pulau Wangi-wangi, dapat menggunakan dua pilihan perjalanan. Pertama, menggunakan transportasi laut Kapal Pelni, kemudian berlabuh di pelabuhan buton, berganti menggunakan kapal kayu menuju Pulau Wangi-wangi. Pilihan kedua, menggunakan transportasi udara dengan tujuan Bandara Haluoleo-Kendari, kemudian berpindah menggunakan kapal penumpang dengan tujuan Ereke-Wanci. Jadi perjalanan menuju pulau Wangi-wangi tidak memungkinkan jika menggunakan transportasi darat.