Profile Shin tae Yong

Shin Tae-yong Sang Maestro di Balik Kesuksesan Garuda Muda di AFC U23 2024 Qatar

Doha, Qatar – Di balik gemilangnya performa Timnas Indonesia U-23 di ajang AFC U23 2024 Qatar, terdapat sosok penting di balik layar: Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini telah memoles Garuda Muda menjadi tim yang tangguh dan penuh semangat pantang menyerah, hingga berhasil menembus babak semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Indonesia Menang dari Korea U23 AFC 2024
Indonesia Menang dari Korea U23 AFC 2024

Profil Singkat Shin Tae-yong

Lahir di Gyeongju, Korea Selatan, pada 5 Mei 1970, Shin Tae-yong memulai karir sepak bolanya sebagai pemain di Seongnam Ilhwa Chunma. Ia tercatat sebagai salah satu pemain tersukses di klub tersebut, dengan raihan 3 gelar juara K-League berturut-turut (1993-1995).

Setelah pensiun sebagai pemain, Shin Tae-yong menapaki karir kepelatihannya. Ia memulai debutnya bersama Seongnam Ilhwa Chunma pada tahun 2008, dan kemudian melatih beberapa klub lain di Korea Selatan dan Australia.

Prestasi gemilang Shin Tae-yong sebagai pelatih terukir saat ia memimpin Timnas Korea Selatan U-23 meraih medali emas di Asian Games 2018. Keberhasilan tersebut mengantarkannya ke kursi pelatih Timnas Korea Selatan senior, di mana ia membawa tim ini melaju ke final Piala Asia 2015.

Perjalanan Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Pada tahun 2019, Shin Tae-yong dipercaya untuk melatih Timnas Indonesia, termasuk tim U-23. Di bawah asuhannya, Garuda Muda menunjukkan perkembangan pesat. Tim ini berhasil meraih medali perak SEA Games 2021, dan lolos ke Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Di turnamen AFC U23 2024 Qatar, Shin Tae-yong membawa Garuda Muda melangkah jauh. Ia menerapkan strategi disiplin dan gaya bermain menyerang yang atraktif, sehingga tim ini mampu mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia dan Korea Selatan.

Shin Tae-yong: Sosok Inspiratif dan Kontroversial

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang disiplin dan tegas. Ia sering kali melontarkan kritik pedas kepada para pemainnya, dan tak segan mencoret nama pemain yang tidak menunjukkan performa terbaik.

Gaya kepemimpinannya yang keras terkadang menuai kontroversi. Namun, tak diragukan lagi bahwa Shin Tae-yong adalah pelatih yang memiliki dedikasi tinggi dan ingin membawa sepak bola Indonesia ke level yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Shin Tae-yong telah menjadi sosok penting dalam kebangkitan sepak bola Indonesia, khususnya di level U-23. Dengan kepemimpinannya yang tegas dan strateginya yang jitu, ia telah membawa Garuda Muda menorehkan sejarah baru di kancah Asia. Kita tunggu saja kelanjutan perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, dan berharap ia dapat membawa tim ini meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan.

Back to top