Hidangan Lezat Kaya Gizi, Ikan Spicy Tanggi Kota Ambon

Ambon merupakan kepulauan dengan sejuta kekayaan alam laut. Kekayaan alam laut yang berlimpah sudah dikenal sejak masa penjajahan Indonesia. Tak heran jika pulau ini menjadi tulang punggung kemaritiman Indonesia. Mulai dari pariwisata, perdagangan, sumber daya alam, tentu perikanan menjadi salah satu bagian sektor utama di pulau ini. Tentulah di dunia maritim begitu erat kaitannya dengan pariwisata dan perikanan, sehingga pangan menjadi kebutuhan pokok, terutama ikan yang memiliki nilai jual tinggi. Dikalangan masyarakat ambon hal tersebut sudah biasa, karena ikan digolongkan sebagai salah satu kebutuhan utama. 

Mengenal Masakan Lezat Kota Ambon

Salah satunya adalah menu andalan orang Ambon bertajuk Ikan Spicy Tanggi, menu orisinil yang dipadukan dengan kenikmatan olahan ikan laut khas Maluku.  Makanan ini adalah menu unggulan sering diburu oleh para pengunjung yang berwisata ke pulau ini. Menu Ikan Spicy Tanggi merupakan primadona dari semua menu yang ada. 

Jenis Ikan Spicy Tanggi

Untuk membuat Ikan Spicy Tanggi diperlukan bahan utama ikan laut. Namun, tak semua ikan laut dapat digunakan. Anda haruslah menggunakan ikan yang tidak mudah hancur saat diolah seperti ikan Kakap dan ikan Dori. Menurut Chef, pemilihan ikan tersebut agar ikan tetap terlihat segar dan tidak hancur ketika mencapai tingkat kematangannya. 

Proses Pembuatan Menu Lezat Ikan Spicy Tanggi

Untuk proses olahan menu ini ikan di fillet terlebih dahulu. Setelah itu, barulah ikan diberi tepung bumbu. Proses ini juga penting, agar rasa daging ikan tidak hilang oleh bumbu tepung yang digunakan. Sembari menggoreng ikan, chef akan menyiapkan kuah Ikan Spicy Tanggi dengan campuran rempah-rempah seperti cabai, sereh, bawang, dan bumbu lainnya. Rempah-rempah tersebut memberi aroma harum dan memiliki cita rasa nikmat pada menu satu ini. Setelah semua bumbu menyatu dalam tumisan, tuangkan sedikit air hingga menjadi kuah Ikan Spicy Tanggi. Kenikmatan kuah Ikan Spicy Tanggi inilah yang membuat menu ini begitu istimewa dan banyak diminati para wisatawan. 

Kelezatan Menu Istimewa Ikan Spicy Tanggi

Setelah Kuah Spicy Tanggi dan Ikan tepung goreng telah matang. Ikan tepung goreng kemudian disajikan diatas piring dan siap untuk disiram dengan Kuah Spicy Tanggi yang masih panas. Menu Ikan Spicy Tanggi pun siap dihidangkan. Walaupun cara memasaknya terpisah, akan tetapi cita rasa yang dihasilkan terasa sangat meresap di tiap gigitan daging ikan tepung goreng. Cita rasa sempurna inilah yang membuat Ikan Spicy Tanggi menjadi menu primadona. 

Saat anda berwisata ke Ambon, anda dapat menikmati menu ini di berbagai restoran. Mungkin anda dapat mengunjungi salah satu restoran terkenal di pulau ini yakni Restoran Ratu Gurih, tepatnya di jalan Diponegoro no. 26, kota Ambon, Maluku. Jika anda tak dapat menikmatinya secara langsung di tanah Ambon. Tak perlu berkecil hati, anda dapat membuat dirumah sendiri. Tak heran, jika menu Ikan Spicy Tanggi sebagai salah satu masakan ter nikmat di kota Ambon. [ZA]