Menelisik Keindahan Batu Layar di Kepulauan Ambon, Maluku

Menelisik Keindahan Batu Layar di Kepulauan Ambon, Maluku

Indahnya Dua Belah Batu

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber kekayaan alam yang mempesona. Salah satunya terdapat di Indonesia bagian timur yakni provinsi Maluku. Sebuah provinsi yang menyimpan sejuta keindahan alam yang tersembunyi. Tepatnya di Desa Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Pemandangan yang jarang kita temui di tepi pantai. Namanya Batu Layar. Konon Batu ini dinamakan Batu Layar karena seperti layar kapal yang tengah mengembang.

  • Menelisik Keindahan Batu Layar di Kepulauan Ambon, Maluku
  • Menelisik Keindahan Batu Layar di Kepulauan Ambon, Maluku
  • Menelisik Keindahan Batu Layar di Kepulauan Ambon, Maluku

Batu Layar adalah sebuah tempat wisata yang berupa Batu karang besar tersusun tepat di tepi pantai. Keberadaan Batu ini pun tidak diketahui pasti asal usulnya. Baik dibentuk atau terjadi secara alami. Hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit dari kota Ambon menuju wisata Batu Layar. 

Mengenal Keunikan Batu Layar

Saat kali pertama melihatnya, mungkin batu ini memiliki kesan seperti biasa saja. Namun jangan sangka, Batu yang letaknya di tepi pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Dapat dilihat dari bentuknya yang tak lazim. Tinggi kedua batu mencapai 3 meter dan 4 meter. Diantara kedua batu memiliki celah, sehingga terlihat seperti gapura. 

Daya Tarik Pesona Batu

Keunikan objek wisata inilah yang menjadi daya tarik di kalangan fotografer. salah satunya adalah tempat foto pre-wedding yang banyak diincar oleh sepasang kekasih yang akan melangsungkan pernikahan. Ditambah latar belakangnya berupa pantai Indah nan jernih. Sungguh begitu sempurna keindahan alam batu layar ini. Tak hanya itu, saat senja tiba, banyak dari wisatawan kemari hanya untuk melihat keindahan sunset di batu layar. 

Menikmati Senja di Batu Layar

Matahari mulai menyingsing memperlihatkan langit jingganya. Suara deburan ombak dan suasana pantai yang begitu tenang, membuat wisatawan enggan beranjak melewati momen ini. Tak sedikit dari wisatawan mengambil foto untuk mengabadikan keindahan alam batu layar menjelang malam tiba. 

Walaupun batu layar ini tidak memiliki asal usul terbentuknya. Namun, setiap kali wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung di kepulauan ini, mereka selalu dibuat penasaran dengan keunikan batu layar. Oleh karena itu, keberadaan wisata ini patut dijaga oleh warga sekitar maupun pemerintah. ZA

Sumber gambar : indonesiakaya