Kain Tenun, Budaya Khas Maluku

Kain Tenun, Budaya Khas Maluku

Indonesia adalah salah satu Negara seni tenun terbesar di dunia, khususnya adalah keanekaragaman hiasannya. Para penenun terdahulu banyak dipengaruhi oleh unsur budaya asing akibat perdagangan dengan Negara tetangga. Kondisi itulah yang memberikan keanekaragaman jenis tenun di negara kita.

Mengenal Kain Tenun Maluku

Hal tersebut hingga menjadi sebuah kegiatan turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Maluku. Kegiatan membuat tenunan ini hingga menjadi tradisi di kalangan masyarakat Maluku pada umumnya. Tak hanya sekedar menjadi sebuah tradisi, namun juga memiliki makna tersendiri. 

Konon setiap kain tenun asal Maluku ini memiliki sebuah makna filosofi. Tak heran, jika selembar kain ini di jual dengan harga yang mahal. Kain tenun khas Maluku biasanya diperuntukkan menjadi sebuah mas kawin yang akan diberikan kepada calon mempelai wanita. Sebab itulah kain ini dijual begitu mahal, bukan dari proses pengerjaannya, melainkan memang pada dasarnya kain ini tidak ditujukan untuk diperjual belikan. 

Proses Tradisional

Selain itu, dapat kita ketahui bahwa pengerjaan kain tenun ini sangat tradisional. Karena hal itu guna untuk menjaga keaslian dari kain tenun itu sendiri. Alat yang digunakannya mulai dari pemintal tradisional, benang dari kapas, serta bahan pewarna pada kain pun berasal dari kayu dan dedaunan. 

Kegiatan tenun menenun ini sangatlah kental sekali di kalangan Maluku. Oleh karena itu, masyarakat Maluku selalu menjaga kelestarian dari kain tenun ini.