Panas! Adu Gagasan Anies, Prabowo, dan Ganjar di Debat Capres 2024: Pertahanan, Keamanan, dan Geopolitik Indonesia


Rekap Debat Capres Kedua 2024: Anies, Prabowo, dan Ganjar Adu Gagasan Soal Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik

Debat capres kedua 2024 yang digelar pada Minggu, 7 Januari 2024, mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat ini berlangsung selama dua jam dan disiarkan langsung oleh berbagai stasiun televisi nasional.

Dalam debat ini, ketiga capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, menyampaikan visi, misi, dan program kerja mereka terkait tema tersebut. Mereka juga menjawab pertanyaan dari tim panelis yang terdiri dari pakar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Visi, Misi, dan Program Kerja

Anies Baswedan menyampaikan visinya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri dan berdaulat di bidang pertahanan. Ia juga berkomitmen untuk memperkuat TNI dan Polri, serta meningkatkan kesejahteraan prajurit dan anggota Polri.

Prabowo Subianto menyampaikan visinya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani di dunia. Ia juga berkomitmen untuk meningkatkan anggaran pertahanan, memperkuat alutsista, dan memperluas kerja sama pertahanan dengan negara-negara lain.

Ganjar Pranowo menyampaikan visinya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang damai dan aman. Ia juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat kerja sama internasional di bidang keamanan.

Pertanyaan Panelis

Pertanyaan panelis yang diajukan kepada ketiga capres antara lain:

  • Bagaimana cara memperkuat TNI dan Polri?
  • Bagaimana cara meningkatkan anggaran pertahanan?
  • Bagaimana cara meningkatkan kerja sama pertahanan dengan negara-negara lain?
  • Bagaimana cara mewujudkan Indonesia yang damai dan aman?

Komentar

Para pengamat menilai bahwa debat capres kedua ini berjalan dengan cukup baik. Ketiga capres terlihat siap dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh ketiga capres dalam debat ini. Pertama, Anies Baswedan menekankan pentingnya pembangunan pertahanan yang berbasis industri dalam negeri. Kedua, Prabowo Subianto berkomitmen untuk meningkatkan anggaran pertahanan hingga 2% dari PDB. Ketiga, Ganjar Pranowo menyerukan perlunya kerja sama yang lebih erat antara TNI dan Polri dengan masyarakat.

Secara keseluruhan, debat capres kedua ini dinilai telah memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya pada Pilpres 2024.

Back to top