Habiskan hari di pantai terbaik di Ambon 

Pantai Liang

Matahari pagi yang hangat menyinari langit dan memantulkan gradien biru Sungai Ambon. Anginnya cukup lembut untuk mengimbangi sinar matahari yang menembus dan dengan lembut bertiup di atas pasir putih yang indah. Teduh dari pepohonan juga membantu meneduhkan hari yang terasa panas. Memang, suara kicauan burung memenuhi udara pagi dengan indahnya Pantai Hunimua atau yang populer dengan sebutan Pantai Liang. Pantai Liang adalah yang terbaik dari sekian banyak pantai yang ada di Pulau Ambon. Pantai ini terletak di kota Liang, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Ambon dan kurang dari satu jam perjalanan. Pantai ini terkenal dengan keindahan lingkungannya yang selalu asri, bersih dan asri. Hijaunya daun pepohonan berpadu dengan hamparan pasir putih yang panjang. Belum lagi lautnya sangat bersih, sehingga gradasi warna kedalamannya terlihat jelas dari birunya pantai hingga laut biru kehijauan.

  • Pantai Liang
  • Pantai Liang
  • Pantai Liang
  • Pantai Liang
  • Pantai Liang

Pantai Liang biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan atau hari libur nasional dan merupakan salah satu tempat masyarakat Ambon menghabiskan liburan bersama keluarga dan teman. Memang pantai ini tidak memiliki banyak tempat wisata, namun keteduhan dan keindahan Pantai Liang akan membuat siapapun tidak ragu saat menginjakkan kaki disana. Apalagi jika mencium sejuknya air Pantai Liang yang unik karena tidak lengket seperti air asin pada umumnya dan air tropisnya bagus. Pantai Liang dijalankan oleh penduduk Desa Liang dan turis akan membayar sedikit biaya untuk berkunjung. Pada akhir pekan atau hari libur, penduduk desa sering membuka warung makan atau menjual kelapa dengan harga murah. Bahkan, wisatawan tidak perlu khawatir dengan toilet karena sudah berada di berbagai tempat di pantai. 

Waktu terbaik untuk pergi ke Pantai Liang adalah di pagi hari saat matahari terbenam. Di sisi Pantai Liang terdapat sebuah kawah cantik yang sangat indah untuk berfoto. Dahulu perahu digunakan untuk mengangkut perahu, namun karena terlalu panjang dan tidak enak dipandang, maka ditinggalkan di pinggir Pantai Liang. Namun hal-hal yang tidak selesai tidak selamanya berharga, dermaga kini memiliki nilai seni yang menarik dan menjadi bagian yang paling menarik untuk berfoto di Pantai Liang. 

Selain itu, wisatawan bisa terjun langsung dari pelabuhan ini untuk menikmati tenangnya perairan Pantai Liang. Hembusan angin mengacu pada kenyamanan Pantai Liang. Pohon-pohon tampak menari saat angin menari. Pada siang hari Pantai Liang memang panas, namun keindahannya tidak akan berkurang. Citra pantai yang dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990 oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (United Nations) ini akan dikembangkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Liang. Keheningan Ambon, pasir lembut dan air biru akan menyambut setiap orang yang datang dan membuat mereka jatuh cinta dengan Pantai Liang pada awalnya.