Biapong Roti Tiongkok, Khas Minahasa

Biapong MInahasa

Helloindonesia.id – Jajanan Indonesia adalah salah satu jajanan tradisional yang kaya dari jenis segi warna, bentuk, dan rasa. berbagai macam jajanan tradisional yang disajikan oleh masyarakat indonesia dengan kekayaan jenisnya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantara. tradisi-adat terdapat pula pengaruh perdagangan yang berasal dari india, tiongkok, timur tengah dan eropa. 

Bicara tentang jajanan khas indonesia yaitu dengan menetapnya warga tiongkok di nusantara ini sedikit banyak membawa pengaruh pada kuliner, salah satunya adalah biapong. Biapong atau di wilayah lain dikenal dengan sebutan bakpao, Maka di Minahasa provinsi Sulawesi Utara makanan sejenis Baozi atau Bakpao dikenal sebagai Biapong.

Lalu apa itu Biapong ?

Pada umumnya masyarakat Minahasa pasti telah mengenal jajanan kuliner biapong. biapong merupakan makanan roti berisi daging babi dan telur  berbentuk bulat berwarna putih dan memiliki cita rasa manis yang disukai oleh orang Minahasa, namun dapat dikatakan hal itu karena orang Minahasa didominasi oleh masyarakat kristiani.

Olahan biapong sendiri terbuat dari campuran tepung terigu dan ragi serta isi dari biapong yang dapat memberikan cita rasa lebih nikmat saat disantap. kemudian dikukus dalam tungku api dengan bahan bakar kayu sebagai penghasil api, dari proses olahan tradisional inilah nantinya menghasilkan aroma khas dan membuat rasa biapong bertambah lezat.

  • Biapong MInahasa
  • Biapong MInahasa
  • Biapong MInahasa

Kelezatan biapong terletak juga pada isi dalam kue ini. terdapat dua varian isi yang dapat dipilih dari biapong khas Minahasa. pertama biapong isi daging babi dan kedua isi ketan hitam. untuk ketan hitam sendiri dapat menjadi pilihan alternatif bagi yang tidak suka biapong isi daging babi. 

Selain dari isi biapong yang lezat terdapat tekstur lembut dari tepung terigu bagian luar kue ini, pada saat kita mencicipi biapong lidah kita akan menambah nuansa kenikmatan tersendiri dari kelembutan tekstur luar biapong dan isiannya yang lezat menjadi satu saat kita kunyah. sembari menikmati anda juga dapat memesan kopi untuk menambah kelezatan biapong dari tanah minahasa ini.

bagi anda yang ingin mencicipi biapong yang terkenal dan populer di tanah minahasa, anda dapat berkunjung di wilayah Kawangkoan, Sulawesi Utara. wilayah yang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari manado. wilayah yang memiliki udara sejuk memang menjadi tempat yang sangat pas untuk menikmati secangkir kopi dan hidangan biapong khas tanah minahasa.[ZA]

gambar di ambil dari indonesiakaya.com