Hari Pos Telekomunikasi Telegraf, 27 September

Hari pos telekomuniskasi telegraf

Helloindonesia.idHari Pos Telekomunikasi Telegraf Republik Indonesia sering disebut dengan PT Pos Indonesia. Arus perkembangan teknologi telepon dan telegraf yang masuk ke Indonesia pun mengubah sistem pelayanan pos di Indonesia.

Pada Tahun 1906, pos di Indonesia pun akhirnya berubah menjadi Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT ). Pada saat pendudukan Jepang di Indonesia, Jawatan PTT dikuasai oleh militer Jepang.

Peristiwa bersejarah atas pengambilalihan Jawatan PTT dari kekuasaan pemerintahan Jepang oleh putra putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon (AMPTT) pada tanggal 27 September 1945.

Kemudian PTT dirubah namanya menjadi “Jawatan PTT Republik Indonesia”. Peristiwa tersebut diperingati sebagai Hari Bhakti PTT atau Hari Bhakti Parpostel.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, maka perjalanan dan perkembangan pos selanjutnya diatur oleh negara. Perubahan nama pos ini umumnya diakibatkan oleh perubahan layanannya dan diatur oleh undang-undang.