Mie Cakalang, Menu Hidangan Khas Manado

Mie Cakalang, Menu Hidangan Khas Manado

Helloindonesia.id – Manado adalah salah satu daerah di Indonesia yang dikenal dengan aneka ragam kuliner. Banyak kuliner yang dapat dijumpai di Ibukota Sulawesi Utara ini. Tak heran jika banyak para wisatawan yang berkunjung untuk singgah dan menikmati hidangan khas manado. Salah satu hidangan yang banyak digemari wisatawan adalah Mie Cakalang.

  • Mie Cakalang, Menu Hidangan Khas Manado
  • Mie Cakalang, Menu Hidangan Khas Manado

Aroma lezat Ikan Cakalangnya yang khas, mampu menggugah selera para pengunjung. Mie cakalang sendiri merupakan olahan mie khusus yang disajikan bersama ikan cakalang. Dengan campuran ikan cakalang dapat menambah cita rasa gurih dan lezat. Apalagi hidangan ini diberikan bumbu yang diracik dengan cita rasa khas Manado.

Biasanya bumbu-bumbu hidangan khas ini seperti bawang merah, daun bawang, dan irisan daging ikan cakalang di atas mie. Setelah itu dengan tambahan kuah bening sedikit merica memberikan nuansa rasa sedikit pedas saat mencicipinya. Perpaduan bumbu khas Manado dan ikan cakalang begitu nikmat dan lezat begitu disantap. Menikmati hidangan ini membuat wisatawan untuk terus melahapnya hingga habis dan tak tersisa.

Hidangan ini biasanya ditaburkan sedikit bawang goreng yang membuat selera makan kita bertambah nikmat. Untuk menambah kenikmatan pada mie, biasanya disajikan dua jenis sambal yaitu sambal lombok ijo dan sambal lombok merah. Kedua jenis sambal ini pun memiliki rasa yang berbeda. Jika sambal ijo dengan cara direbus kemudian diulek dicampur cuka, air dan garam. Sedangkan, sambal merah tak perlu direbus langsung diulek dengan sedikit bawang putih dan jahe.

Banyak dari masyarakat Manado menyantap mie cakalang dengan bubur Manado sebagai sarapan. Mie cakalang sendiri tidaklah sulit untuk ditemukan, karena hampir di setiap sudut kota manado banyak penjual mie cakalang.