Sawai, Desa Tua yang Bahagia di Maluku

Desa Sawai, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, menyimpan banyak pesona. Konon, desa ini merupakan desa tertua di Maluku.

Jalan menuju desa Sawai cukup menantang. Setelah menempuh perjalanan darat selama sekitar 5 jam dari Kota Ambon, wisatawan harus melewati jalan berkelok-kelok yang membelah hutan Taman Nasional Manusela.

Sesampainya di desa Sawai, wisatawan akan disambut dengan pemandangan yang indah. Desa ini terletak di tepi pantai dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Selain itu, desa ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau.

Mayoritas penduduk Desa Sawai adalah nelayan. Mereka mencari ikan dengan cara memancing dan menggunakan tradisi Kalawai, yaitu menangkap ikan dengan tombak khusus pada malam hari. Selain nelayan, ada juga penduduk Desa Sawai yang berkebun dan beternak.

Salah satu daya tarik Desa Sawai adalah sumber air tawarnya yang terletak di tengah desa. Sumber air ini merupakan sumber kehidupan bagi warga desa dan telah ada sejak dahulu kala.

Desa Sawai juga memiliki budaya yang unik. Budaya ini merupakan perpaduan antara budaya Arab dan budaya lokal. Hal ini dapat dilihat dari arsitektur bangunan, musik, dan pakaian yang dikenakan oleh penduduk desa.

Meskipun desa ini sudah tua, namun penduduknya tampak bahagia dan menikmati hidup mereka. Hal ini terlihat dari wajah-wajah mereka yang selalu tersenyum dan ceria.

kunjungi juga https://balitraveldiary.com/
sumber : indonesiakaya.com

Back to top