Sup brenebon Sulawesi Utara

Helloindonesia.id – Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan ragam budayanya. Mulai dari adat, suku, bahasa, hingga makanan. Bicara tentang makanan Indonesia terkenal dengan rempah-rempah yang menjadi identitas kulinernya. Sehingga menarik perhatian di berbagai belahan dunia akan kelezatan cita rasanya. 

Sup Brenebon, Sup Peninggalan Belanda di Manado
Sup Brenebon, Sup Peninggalan Belanda di Manado

Banyaknya pendatang yang berkunjung bahkan menetap di Indonesia. Sejak zaman penjajahan dahulu mereka menciptakan asimilasi budaya dengan kuliner lokal. Negara kincir angin yang sangat membawa pengaruh tumbuh kembang kuliner Nusantara yang masih ada sampai saat ini. Seperti halnya di Wilayah Manado, Sulawesi Utara. Salah satunya adalah sup brenebon.

Apa itu sup brenebon ?

Sup Brenebon adalah makanan yang diadaptasi dari bruine bonen soep asal belanda. bruine bonen soep lebih menyerupai sup krim kental. Sedangkan sup brenebon menggunakan rempah-rempah khas Indonesia layaknya sup pada umumnya memiliki tekstur kuah bening sedikit merah. Hal ini tergantung bahan dasar yang digunakan. serta memberikan rasa gurih pada kuah ini.

Terdapat 2 jenis sup brenebon di Manado, yaitu sup brenebon kacang merah dan daging babi. Sup brenebon kacang merah memiliki rasa yang manis, dibandingkan dengan sup brenebon daging babi yang memiliki cita rasa lebih gurih. Sup brenebon asal belanda akan semakin kuat cita rasanya dipadukan dengan ragi khas Indonesia seperti cengkeh, pala, merica, seledri dan bawang goreng yang mengubah sup brenebon hambar makin nikmat. 

Umumnya oleh orang manado sup brenebon disajikan sebagai menu penutup. dengan kapasitasnya yang sedikit sangat cocok untuk penutup makanan. Menyantap hidangan ini lebih nikmat saat cuaca dingin dan patut dicoba saat berkunjung ke Taman Nasional Bunaken yang mendunia.