Surga Bawah Laut Taman Olele, Gorontalo

Surga Bawah Laut Taman Olele, Gorontalo

Gorontalo adalah sebuah provinsi yang menyajikan banyak potensi pesona alam, khususnya wisata bahari. Pemerintah Gorontalo menjadikan wilayahnya sebagai pintu gerbang utama menuju wisata lain. Salah satunya adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang berada di Teluk Tomia. Daerah ini sangat unggul dengan kekayaan biota laut yang terdapat di bawah perairan sekeliling pantai. Karena keunggulan wisata alam bawah lautnya hingga dijuluki “Serambi Madinah”.

  • Surga Bawah Laut Taman Olele, Gorontalo
  • Surga Bawah Laut Taman Olele, Gorontalo
  • Surga Bawah Laut Taman Olele, Gorontalo
  • Surga Bawah Laut Taman Olele, Gorontalo

Lokasi Taman Laut Olele

Wisata ini diberi nama Taman Laut Olele karena keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Pantai Olele yang berpasir putih ini berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Balango. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo. Anda cukup memerlukan waktu sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan. 

Pantai Olele

Taman Laut Olele merupakan salah satu panorama alam bawah laut yang disajikan begitu indah. Pantai ini berpasir putih dan dekat dengan permukiman warga sekitar, yang menjadikan pantai terlihat seperti biasa saja. Mungkin jika dilihat sekilas, pantai ini tak seindah pantai-pantai lainnya. Apalagi terdapat jajaran perahu di bibir pantai. Meski begitu, di perairan pantai tetap terjaga keasrian dan kebersihannya. 

Spesies Langka di Taman Laut Olele

Hal tersebut, tidak menjadi penghalang para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Hal yang menjadi spesial di sana adalah adanya spesies terumbu karang yang endemik. Satu-satunya spesies langka yang hanya dapat dijumpai di perairan taman laut olele, tidak ada duanya. Bahkan keberadaannya dicari-cari para penyelam mancanegara.

Salvador Deli atau Petrosia Lignosa adalah salah satu jenis yang paling terkenal. Termasuk dalam kategori jenis sponge coral. Nama tersebut diambil dari seorang pelukis asal Spanyol. 

Aktivitas Snorkeling dan Diving

Selain itu, bagi pecinta snorkeling. Destinasi wisata taman laut Olele adalah salah satu spot yang sangat cocok dan menyenangkan untuk dilakukan disini. Tak perlu khawatir mengenai perlengkapan snorkeling dan diving, karena tersedia berbagai perlengkapan untuk disewa disini. 

Setelah menceburkan diri dalam laut, anda dapat melihat cantiknya koral warna-warni dan ikan yang menggemaskan di sekeliling karang. Tak hanya itu, perairan disini sangat tenang, sehingga aman untuk siapapun yang ingin bersnorkeling dan diving. 

Bagi yang tak bisa snorkeling, jangan khawatir dulu, disini anda dapat menikmatinya menggunakan glass bottom boat. Perahu yang didesain khusus, memiliki kaca di dasar perahu. Sehingga kita dapat melihat keindahan alam bawah laut dari perahu dan tak pPantaierlu menceburkan diri ke laut. 

Spot Diving

Disini terdapat beberapa tempat spot diving dengan keindahannya masing-masing di taman laut Olele. Diantaranya yaitu Jinn Cave, Traffic Jam, Muce Dive dan Honeycomb. Namun, yang menjadi favorit para penyelam adalah Jinn Cave.

Bagi para penyelam yang menyukai binatang kecil dan fotografi makro, inilah tempatnya. Lestari dan kaya akan biota laut di sepanjang perairan ini. Anda dapat menjelajah diberbagai tempat spot diving di keindahan Taman Laut Olele bak surga bawah laut yang begitu menakjubkan. ZA